Tip Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan dengan Nyaman

Mau jalan-jalan murah tanpa keluar Jakarta? Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi pilihan tepat. Saat akhir pekan atau hari libur nasional, tempat wisata satu ini selalu ramai. Jadi, kamu perlu persiapan ekstra agar jalan-jalanmu lebih nyaman. Untuk yang belum pernah, atau ingin berkunjung kembali ke Ragunan, simak tip-tip berikut ini!

Datang Lebih Pagi 

Kebun Binatang Ragunan

Ragunan di pagi hari yang lengang dan sepi. Foto: Melissa Octoviani

Cobalah datang ke sini lebih pagi. Selain bisa menghindari macet jalanan, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara segar Ragunan. Kalau datang lebih pagi, pengunjung belum ramai sehingga kamu bisa lebih leluasa jalan-jalan di Ragunan. Kebun Binatang Ragunan beroperasi setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 06.00 WIB (masuk melalui pintu utara 2 dekat halte Transjakarta) sampai pukul 16.00 WIB.

Naik Transportasi Umum ke Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Antrean mobil memasuki gerbang Ragunan. Foto: Dwi Nugroho

Banyak cara untuk mencapai Kebun Binatang Ragunan. Kamu bisa membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Namun, meningkatnya jumlah pengunjung pada saat hari libur nasional atau akhir pekan akan membuat kamu sulit mendapatkan tempat parkir. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa naik Transjakarta.

Kebun Binatang Ragunan

Transjakarta koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas. Foto: Dwi Nugroho

Transjakarta koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas punya halte pemberhentian yang berada persis di depan Kebun Binatang Ragunan. Dengan membayar sebesar Rp3.500,00 kamu bisa sampai tujuan tanpa perlu mencari dan bayar parkir. Atau, kamu bisa naik Commuter Line, lalu turun di Stasiun Pasar Minggu. Selanjutnya, kamu bisa pilih naik angkot KWK S15A sampai depan Ragunan, atau menggunakan ojek dan taksi.

Punya Kartu e-money JakCard

Kebun Binatang Ragunan

Mesin tap kartu e-money di pintu masuk Kebun Binatang Ragunan Foto: Purnawan

Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan dibagi menjadi dua, yaitu untuk dewasa seharga Rp4.000,00, dan anak-anak seharga Rp3.000,00. Perlu kamu ketahui, saat ini pihak Ragunan sudah menerapkan cara pembayaran baru, yaitu menggunakan JakCard keluaran Bank DKI. Jadi, pengunjung tidak lagi mendapatkan kertas karcis sebagai tanda masuk Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan

Kartu e-money JakCard untuk membayar tiket masuk Ragunan. Foto: Dwi Nugroho

Bagi para pengunjung yang belum punya, kartu ini bisa dibeli di loket masuk Ragunan dengan membayar Rp30.000,00. Harga ini termasuk saldo kartu Rp20.000,00 dan biaya kartu Rp10.000,00. Satu kartu bisa digunakan beberapa orang sekaligus selama saldo masih cukup. Kalau saldo kamu masih sisa banyak, jangan takut rugi karena kartu ini bisa kamu pakai untuk naik Transjakarta atau naik ke atas Monas.

Lihat Papan Peta dan Sewa Sepeda di Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Suasana Ragunan penuh pengunjung berjalan-jalan. Foto: Dwi Nugroho

Kebun Binatang Ragunan sangatlah luas. Menjelajahnya dengan berjalan kaki sangat menyenangkan karena banyak pepohonan serta area rerumputan. Area pejalan kaki lebih nyaman karena semua jalan sudah diberi paving block. Jadi tidak perlu khawatir jika ada anggota keluarga yang menggunakan kursi roda atau membawa stroller.

Kebun Binatang Ragunan

Tiang penunjuk arah di Kebun Binatang Ragunan. Foto: Leaa Anelleea

Kamu pun tidak perlu pusing saat berkeliling, karena ada tiang penunjuk arah serta papan peta yang akan membantu selama berkeliling di dalam. Banyak sekali satwa yang bisa kamu lihat, mulai dari mamalia seperti beruang, harimau, gorila, orang utan; reptil seperti buaya, komodo, kura-kura; dan unggas seperti elang, merak, pelikan serta masih banyak berbagai jenis hewan lainnya.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kandang Gajah Sumatera di Kebun Binatang Ragunan. Foto: Dwi Nugroho

Kebun Binatang Ragunan

Penyewaan sepeda Ragunan yang bisa digunakan oleh pengunjung. Foto: Tedi Permana

Jika ingin menghemat tenaga, kamu bisa menyewa sepeda. Untuk menyewa sepeda, dikenakan tarif sebesar Rp10.000,00 per jam atau Rp15.000,00 per jam untuk sepeda tandem. Selain itu, tersedia juga kereta wisata yang ideal digunakan jika kamu bepergian bersama keluarga.. Tarif kereta ini adalah Rp7.500,00 per orang. Kereta wisata ini akan mengantarkan kamu berkeliling Kebun Binatang Ragunan dan berhenti sejenak di kandang-kandang tertentu.

Membawa Bekal dan Tikar

Kebun Binatang Ragunan

Suasana pengunjung yang sedang piknik serta berjalan-jalan. Foto: Dwi Nugroho

Banyaknya pengunjung pada hari libur nasional atau akhir pekan membuat semua tempat istirahat, terutama food court, ramai. Maka dari itu, disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu tidak perlu lelah antre tempat duduk.

Jangan lupa bawa tikar jika kamu ingin beristirahat di bawah pohon. Pengunjung banyak memilih menggelar tikar dan piknik di bawah pohon sambil beristirahat menyantap makanan dan minuman. Jika merasa repot membawa tikar, banyak penjual tikar yang berjualan di dekat pintu masuk Ragunan seharga Rp5.000,00.

Download aplikasi Ragunan Zoo

Kebun Binatang Ragunan

Tampilan aplikasi Ragunan Zoo di smartphone. Foto: iTunes

Satu lagi hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum ke Ragunan. Saat ini, sudah ada aplikasi bernama Ragunan Zoo yang tersedia untuk kamu unduh. Pada aplikasi ini ada beragam informasi yang berguna sebelum dan saat kamu pergi. Mulai dari info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, hingga trivia binatang. Semua bisa menjadi lebih praktis saat berjalan-jalan di sana karena kamu hanya perlu memegang handphone untuk mencari tahu semua hal tentang Ragunan.

Itulah tip-tip yang bisa membantu kamu lebih nyaman main di Ragunan. Jika ada persiapan sebelumnya, kamu bisa menghindari jalan macet, parkir penuh, dan kebingungan mencari tempat istirahat. Jadi, kunjunganmu ke Kebun Binatang Ragunan pasti akan menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga:

5 Ciri Kebun Binatang yang Baik

Cara Asyik Menikmati Kebun Binatang Ragunan

Berinteraksi dengan Satwa Eksotis di Bali Zoo

Comments


Sumber : Wego.co.id