Tiongkok Tawarkan Visa 5 Tahun Bagi Keturunan Tionghoa

Saat ini, Tiongkok merupakan salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Meski masih berada di belakang Amerika Serikat, perekonomian Tiongkok tumbuh sangat pesat sehingga diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi nomor satu di dunia pada tahun 2050. Pemerintah Tiongkok tentunya menerapkan berbagai strategi agar hal tersebut dapat terwujud, salah satunya mengeluarkan visa khusus bagi warga keturunan Tionghoa yang berlaku hingga 5 tahun.

Mulai 1 Februari 2018, warga negara asing keturunan Tionghoa dapat mengajukan visa tinggal atau memasuki negara Tiongkok berkali-kali selama kurun waktu 5 tahun. Visa ini diharapkan dapat menarik para keturunan Tionghoa untuk berbisnis di Tiongkok. Meski demikian, pemerintah Tiongkok tidak membatasi tujuan kunjungan mereka pada urusan bisnis saja. Keturunan Tionghoa di perantauan juga bisa menggunakan visa ini untuk keperluan pribadi lainnya seperti mengunjungi kerabat.

Supaya bisa mendapatkan visa ini, seseorang hanya perlu menunjukkan bukti bahwa ia adalah warga negara asing yang pernah menjadi penduduk Tiongkok atau merupakan keturunan Tionghoa. Keturunan Tionghoa yang dimaksud adalah siapa saja yang memiliki leluhur penduduk Tiongkok atau pernah menjadi penduduk Tiongkok. Leluhur tersebut bisa jadi orang tua, kakek nenek, atau bahkan leluhur dari generasi sebelumnya. Selama pemohon visa dapat melampirkan salinan kartu identitas atau paspor Tiongkok miliknya atau keluarganya, visa pun dapat diperoleh.

Sebelumnya, visa serupa sudah diterapkan bagi keturunan Tionghoa yang memperoleh kewarganegaraan asing. Namun visa tersebut hanya berlaku hingga 1 tahun. Dengan memperpanjang izin tinggal serta kunjungan ke Tiongkok, diharapkan keturunan Tionghoa dapat turut berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi negara leluhurnya.

[Hotel murah di Beijing, Tiongkok]

Baca juga:

Comments


Sumber : Wego.co.id