Road Trip di Malaysia, Ke Mana-Mana Dekat!

Salah satu slogan Visit Malaysia adalah “Dekat Je” yang berarti “Dekat Saja”. Slogan ini mempromosikan mudahnya bepergian dari satu kota ke kota lain di Malaysia. Jalan tol dengan aspal mulus dan bebas macet tersedia untuk memperlancar perjalananmu. Bahkan untuk menuju Penang yang berada di pulau lain, sudah ada dua jembatan yang bisa dilalui mobil dan motor. Infrastruktur yang sangat baik membuat road trip sangat ideal dilakukan di Malaysia

Perusahaan travel Malaysia Reeya Signature Holidays mengajak Wego road trip 5 hari 4 malam ke Kuala Lumpur, Putrajaya, Ipoh, dan Penang. Di peta, kota-kota tersebut memang tampak jauh, tapi nyatanya kami tidak pernah lebih dari 2,5 jam di jalan.

Berikut adalah destinasi-destinasi “tidak biasa” yang kami kunjungi bersama Reeya Signature Holidays.

Putrajaya – Naik Skyrides Balloon

Skyrides Balloon Ride Putrajaya

Skyrides Festival Park, Putrajaya, memiliki atraksi utama tethered balloon ride. Balon udara yang diterbangkan dengan helium ini akan membawa kamu melayang setinggi 120 meter di atas Danau Putrajaya.

Setelah mendarat di KLIA 2, perjalanan kami dimulai dengan mengunjungi Putrajaya. Untuk mencapai pusat administrasi Malaysia ini, kami berkendara selama 45 menit dari bandara. Sesampainya di Putrajaya, kami menuju Skyrides Festival Park yang atraksi andalannya adalah tethered balloon ride.

Balon udara ini membawa kami melayang di atas danau Putrajaya setinggi 120 meter. Balon udara ini tidak menggunakan api, melainkan gas helium yang dialirkan melalui pipa. Jadi, pastinya sangat aman. Balon udara ini menawarkan pemandangan 360 derajat Putrajaya yang indah dengan danau dan bangunan-bangunan bernuansa Islami modern.

Tip: Sangat direkomendasikan untuk naik balon udara pagi atau malam hari. Atraksi ini buka setiap hari kerja pukul 10.00-22.00, sedangkan di akhir pekan tutup pukul 24.00. Jadi, waktu berkunjungnya bisa disesuaikan dengan agendamu. Perhatikan juga faktor cuaca karena menurut prosedur keselamatan, balon udara tidak boleh naik ketika angin sedang kencang.

Selangor – Sunway Lagoon

Hari kedua, kami bermain seharian di Sunway Lagoon, Petaling Jaya, Selangor. Jaraknya sekitar 22 km dari Kuala Lumpur, tapi dapat ditemput dalam waktu 30-45 menit saja. Lalu, ada apa di Sunway Lagoon?

Vuvuzela

Vuvuzela Ride, wahana andalan Sunway Lagoon berupa seluncur air terbesar di Malaysia.

Sunway Lagoon adalah multipark atau kompleks berisi beberapa taman hiburan yang telah memenangkan banyak sekali penghargaan di skala Asia. Disebut multipark karena di satu lokasi, ada enam taman hiburan yang temanya berbeda. Mau main air? Ada Water Park. Mau naik wahana seru? Ada Amusement Park. Suka kegiatan ekstrem seperti bungee jumping? Ada Extreme Park. Suka uji nyali? Ada Scream Park. Mau berinteraksi dengan binatang liar? Ada Wildlife Park. Lengkap, ‘kan?

Nickelodeon Lost Lagoon, Sunway Lagoon

Bertemu SpongeBob dan Patrick di Nickelodeon Lost Lagoon, theme park bertema Nickelodeon pertama di Asia.

Sunway Lagoon juga memiliki taman hiburan bertema Nickelodeon pertama di Asia. Di sana, ada water park yang setiap sore mengguyur slime hijau ke para pengunjung. Selain itu, si kecil juga bisa bertemu dengan Dora, Boots, dan SpongeBob. Lihat jadwal pertunjukanya di sini.

Pirates Revenge Sunway Lagoon

Pirate’s Revenge Sunway Lagoon yang akan mengayunmu 360 derajat.

Untuk menikmati semua itu, kamu cukup membayar satu tiket masuk. Harganya 153 ringgit untuk dewasa dan 126 ringgit untuk anak-anak dan lansia. Kalau si kecil tingginya belum sampai 90 cm, bisa masuk gratis, lho! Jangan cemas jika membawa anak-anak dan lansia ke sini, Sunway Lagoon akan meminjamkan stroller dan kursi roda. Baik, ya!

[Panduan menjelajah Sunway Lagoon berdasarkan usia dan tinggi badan]

Ipoh – The Lost World of Tambun

Setelah puas bermain di Sunway Lagoon, kami langsung bertolak ke Ipoh, Perak. Jarak yang harus kami tempuh adalah 206 km. “Wah, jauh, ya,” pikir kami saat mengetahui jaraknya. Namun, ternyata kami hanya butuh waktu 2,5 jam untuk sampai ke sana. Perjalanannya pun bebas macet dan sangat menyenangkan karena ada pemandangan bukit kapur yang berbaris di jendela.

Kalau biasanya orang-orang pergi ke Ipoh untuk wisata kuliner, kami diajak Reeya Signature Holidays ke The Lost World of Tambun. Setelah check in di Lost World Hotel, kami langsung menuju kolam air panas untuk berendam dan menghilangkan lelah. Selain kolam air panas, The Lost World of Tambun juga punya program Petting Zoo by Night, di mana kamu bisa merasakan sensasi bertemu hewan-hewan liar di malam hari. Bahkan, kamu bisa belajar mendulang timah seperti orang-orang Ipoh zaman dulu.

kolam air panas hotspring the lost world of tambun

Kolam air panas The Lost World of Tambun yang populer untuk relaksasi di malam hari.

Esoknya, kami berkeliling Amusement Park dan kebun binatang. Saat masuk The Lost World of Tambun di siang hari, kami baru menyadari kalau tempat ini dikelilingi bukit-bukit kapur yang menjulang. Dapet banget rasa “liar”-nya!

Jerapah, the Lost World of Tambun Ipoh

Jerapah di kebun binatang di The Lost World of Tambun. Seluruh area taman hiburan ini dikelilingi bukit kapur. Pemandangannya menakjubkan!

Penang – Avatar Secret Garden

Setelah Ipoh, kami melanjutkan perjalanan ke Penang. Mobil yang kami tumpangi melaju kencang di atas Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah yang menghubungkan bagian semenanjung Malaysia dengan Pulau Penang. Dari Ipoh ke Melaka, total jarak yang kami tempuh adalah 160 km dan hanya butuh waktu dua jam untuk sampai ke tujuan.

Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah menuju Pulau Penang

Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah adalah satu dari dua jembatan yang menghubungkan bagian semenanjung Malaysia dengan Pulau Penang. Jembatan sepanjang 16,9 km ini tercatat sebagai jembatan terpanjang di Malaysia dan Asia Tenggara. Foto: Edna Tarigan

Setelah melepaskan dahaga dengan cendol Teochew yang dingin dan manis, kami mengarahkan kemudi menuju Pantai Batu Ferringhi untuk melihat matahari terbenam. Menjelang malam, kami melanjutkan perjalanan ke Tanjung Tokong, tempat tujuan utama kami berada. Di sana, ada tempat wisata unik yang relatif baru bernama Penang Avatar Secret Garden.

Penang Avatar Secret Garden

Penang Avatar Secret Garden, tempat wisata di Tanjung Tokong, Penang, yang relatif baru. Foto: Edna Tarigan

Penang Avatar Secret Garden berada di pekarangan kelenteng yang sudah berusia cukup tua. Tadinya kelenteng pinggir laut ini mulai dilupakan masyarakat. Untungnya, ada sponsor yang mendanai pihak kelenteng untuk membuat taman ini. Lampu berwarna-warni kemudian dipasang di sulur-sulur pohon dedalu dan jalan setapak. Hasilnya, suasana magis seperti di film Avatar sukses mengundang masyarakat untuk kembali berkunjung ke kelenteng ini.

Penang Avatar Secret Garden

Setiap pukul 7 malam, lampu-lampu yang dipasang di sulur-sulur pohon dedalu akan menyala. Seketika, halaman kelenteng ini berubah seperti latar film Avatar. Foto: Edna Tarigan

Penang Avatar Secret Garden tidak memungut biaya kepada pengunjung. Kamu cukup membayar parkir kalau membawa kendaraan. Taman ini baru buka sekitar pukul 7 malam. Sambil menunggu lampu dinyalakan, kamu bisa menikmati deburan ombak dan semilir angin di pantai depan kelenteng.

Ingin merasakan road trip seru seperti ini? Wegonesia bisa menghubungi Reeya Signature Holidays untuk membantu merencanakan perjalanan kamu ke Malaysia.

Situs:www.reeyasignature.com

Email: travel@reeyasignature.com

WhatsApp: +60127179496

Kalau kamu adalah pemilik travel organizer di Indonesia, Reeya Signature Holidays juga terbuka untuk kerja sama B2B, lho.

Baca juga:

– Keluarga Masa Kini Liburan Ke Sunway Lagoon

– 7 Masjid Nusantara Berarsitektur Unik

– 10 Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Hong Kong

Comments


Sumber : Wego.co.id