Mengintip Suasana Chinatown Bandung

Seakan tidak ada habisnya tempat wisata di Bandung, kini hadir destinasi wisata baru bernama Chinatown Bandung. Tempat wisata bernuansa pasar pecinan tempo dulu ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada 20 Agustus 2017 lalu. Selain menawarkan latar selfie berupa bangunan Tionghoa dan kuliner Bandung dengan sentuhan oriental yang lezat, kita juga bisa belajar sejarah penduduk Tiongkok masuk ke Indonesia, loh. Intip yuk suasana di dalam!

Chinatown Bandung

Tampak depan bangunan Chinatown Bandung dengan hiasan lampion

Kampung wisata Chinatown Bandung berada di di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung. Tempat ini berdekatan dengan salah satu kelenteng tertua di Bandung, yaitu Vihara Satya Budhi. Sebelumnya gedung ini milik Yayasan Permada (Perhimpunan Masyarakat Bandung), yang kemudian dialihfungsikan oleh pemerintah Bandung untuk menjadi kampung wisata bagi masyarakat maupun turis dari luar Bandung. 

Chinatown Bandung

Papan larangan serta informasi pembayaran di Chinatown Bandung

Jam operasional Chinatown Bandung adalah pukul 11.00 – 22.00 WIB. Untuk masuk, pengunjung harus membayar tiket seharga Rp10.000,00 (hari biasa) atau Rp20.000,00 (akhir pekan). Terdapat beberapa larangan selama berada di dalam, seperti tidak membawa makanan dan minuman dari luar serta membawa hewan peliharaan.

Transaksi di dalam Chinatown Bandung sendiri tidak melayani pembayaran secara tunai, melainkan menggunakan kartu debit, kredit, serta e-money Flazz. Ketika saya berkunjung November 2017 lalu, kartu debit dan kredit yang dapat digunakan untuk pembayaran hanya kartu keluaran BCA. Setelah membeli tiket nanti, kamu akan mendapatkan tiket masuk Chinatown Bandung serta pin cantik sebagai kenang-kenangan. 

Chinatown Bandung

Tiket masuk Chinatown Bandung dan bonus pin cantik

Bandung Chinatown Museum

Memasuki Chinatown Bandung, hal pertama yang akan kamu temukan adalah Bandung Chinatown Museum, yaitu museum kecil yang menjelaskan tentang lini waktu masuknya etnis Tionghoa ke Indonesia. Di bagian dinding terdapat informasi asal usul bagaimana mereka bisa tiba di Indonesia dan mulai menetap di berbagai daerah, termasuk Bandung.

Chinatown Bandung

Ruangan Museum yang berisi lukisan sejarah keturunan Tionghoa di Indonesia dan benda-benda antik tempo dulu

Selain dinding tentang sejarah etnis Tionghoa di Bandung, terdapat juga berbagai barang antik tempo dulu yang ada di ruangan ini. Ada sepeda ontel, cangkir, teko, hingga piring keramik dengan gambar naga. Para pengunjung bisa selfie di ruangan ini tapi tidak diperbolehkan untuk menyentuh barang antik tersebut. Oleh karena itu ada tali pembatas yang menjaga jarak antara pengunjung dengan barang yang dipajang.

Chinatown Bandung

Berbagai benda antik tempo dulu yang ada di ruangan museum Chinatown

Belanja Rasa Oriental

Ketika berjalan-jalan di dalam Chinatown Bandung, kamu akan menemukan banyak toko yang menjual pakaian, aksesori, payung, sandal, dan lain-lain. Uniknya, toko-toko ini didesain dengan menonjolkan sisi oriental, terlihat dari papan nama toko yang berwarna merah dan lampion yang menghiasi pintu masuk.

Chinatown Bandung

Chinatown Bandung

Bangunan toko di Chinatown memiliki nuansa oriental yang kental

Spot Foto di Chinatown Bandung

Bagi kamu yang senang foto-foto, Chinatown Bandung memiliki banyak spot asyik untuk menyalurkan hobi kamu. Hampir semua sudut di sini bisa kamu jadikan background foto yang bagus. Kamu bisa berdiri di jembatan kecil merah yang terlihat seperti di film-film kerajaan atau di bangunan pagoda kuning yang berfungsi sebagai area duduk pengunjung.

Chinatown Bandung

Chinatown Bandung

Jembatan merah dan pagoda kuning yang ada di Chinatown Bandung

Mau bergaya ala pangeran dan putri kerajaan Tiongkok lengkap dengan kostumnya? Bisa! Di Chinatown Bandung tersedia penyewaan kostum dan foto studio. Di booth penyewaan kostum Ching-Ching, kamu bisa sewa kostum dan makeup seharga mulai dari Rp50.000,00.

Chinatown Bandung

Tempat penyewaan kostum dan foto studio ala kerajaan Cina

Tarif yang dikenakan untuk menyewa kostum untuk orang dewasa mulai dari Rp75.000,00 sampai dengan Rp150.000,00. Sementara untuk anak anak mulai dari Rp50.0000,00 sampai Rp100.000,00. Selain kostum, terdapat juga jasa rias dengan harga Rp150.000,00 untuk full make up. Setelah asyik berfoto, kamu bisa mencetak hasil foto tersebut dalam berbagai ukuran mulai dari 4R, 6R, 8R, atau dalam bentuk benda suvenir seperti mug, puzzle, hingga botol minum.

Chinatown Bandung

Biaya penyewaan kostum dan foto studio di Chinatown Bandung

Area Bermain Anak

Bagi keluarga yang membawa anak-anak, tidak perlu khawatir si kecil bosan. Di Chinatown Bandung terdapat playground khusus anak. Area bermain untuk anak-anak terletak di sisi selatan Chinatown Bandung. Untuk bisa bermain sepuasnya, pengunjung diharuskan membayar Rp35.000,00. Beberapa permainan seperti memancing ikan dan gelinding bola juga dapat dimainkan pengunjung dewasa.

Chinatown Bandung

Chinatown Bandung

Area bermain yang bisa dinikmati para pengunjung anak-anak

Makan Apa di Chinatown Bandung?

Asyik berkeliling dan berfoto-foto lalu perut lapar? Langsung saja datang ke area food court. Di food court Chinatown terdapat beragam menu makanan. Makanan berat seperti soto dan sate, serta jajanan khas Bandung seperti cilok dan batagor tersedia di area ini. Food court-nya berada di dalam area tersendiri dan cukup luas. Desain colorful terlihat dari kedainya, dindingnya mural, sampai hiasan lampu dari kerajinan kayu yang menyerupai sangkar burung.

Chinatown Bandung

Chinatown Bandung

Food court Chinatown Bandung yang warna-warni. Langit-langitnya dihiasi kerajinan kayu berupa sangkar burung.

Area Duduk dan Tempat Ibadah

Fasilitas lain yang tersedia di Chinatown Bandung adalah area tempat duduk. Terdapat 3 area besar tempat duduk bagi para pengunjung yang ingin beristirahat sambil menyantap jajanan atau hanya sekadar bersantai. Area duduk pertama ada di bagian tengah Chinatown Bandung. Di sini terdapat sebuah panggung kecil yang biasanya digunakan saat ada acara tertentu.

Chinatown Bandung

Area tempat duduk di bagian tengah Chinatown Bandung yang dekat dengan panggung kecil

Area tempat duduk kedua berada di dekat area foodcourt. Menariknya, di sini terdapat sebuah tembok besar bergambar mural yang selalu menjadi spot pengunjung untuk selfie dengan latar belakang tembok tersebut. Terakhir, ada area tempat duduk juga di depan area playground anak yang punya banyak hiasan lampion. Di area ini, para orang tua bisa menunggu anaknya yang sedang bermain.

Chinatown Bandung

Area tempat duduk dengan tembok mural dan di depan area playground anak-anak

Terakhir, untuk pengunjung muslim yang ingin beribadah, terdapat sebuah musala yang bisa digunakan. Musala ini terletak bersebelahan dengan area playground anak-anak. Uniknya, bangunan musala di Chinatown Bandung ini memiliki desain bangunan seperti rumah Tionghoa yang berwarna dominan merah dan kuning.

Chinatown Bandung

Chinatown Bandung

Musala Chinatown Bandung bernuansa Tionghoa dengan warna merah yang dominan

Tip Pergi ke Chinatown Bandung

Jika ingin datang ke Chinatown Bandung, sebaiknya kamu membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan kota yang melintas persis di depannya. Menggunakan ojek atau taksi juga pilihan yang tepat mengingat lahan parkir Chinatown Bandung tidak besar, hanya di sepanjang tepi Jalan Kelenteng. Jadi kamu tidak perlu repot cari parkir.

Buat kamu yang tidak tahu letak Jalan Kelenteng, dari alun alun kota Bandung kamu hanya perlu mengikuti jalan lurus di Jalan Sudirman sampai perempatan jalan Sudirman-Cibadak-Kelenteng lalu belok kanan.

Chinatown Bandung

Barisan parkiran motor Chinatown Bandung di Jalan Kelenteng

Chinatown Bandung bisa menjadi pilihan tempat baru untuk dijelajahi di Bandung tahun 2018 ini. Jadi buruan ajak teman atau keluarga dan persiapkan liburanmu berikutnya ke Bandung. Untuk pilihan penginapan yang bagus tapi terjangkau di Bandung, Wego punya rekomendasinya, nih. 

Selamat jalan-jalan, Wegonesia!

Baca juga:

– Sehari Ngulik Bandung Tempo Dulu

– 15 Tempat Dinner Romantis di Bandung

– Puas Main dan Jajan di Bandung dengan Rp87 ribu

Comments


Sumber : Wego.co.id