Lokasi Pilihan untuk Menikmati Supermoon Januari 2018

Pada tanggal 30 dan 31 Januari 2018 akan terjadi fenomena supermoon, di mana bulan berada di posisi orbit terdekatnya dengan bumi. Bulan akan bersinar lebih terang dan terlihat lebih besar daripada biasanya sehingga disebut supermoon.

Fenomena supermoon termasuk peristiwa yang jarang terhadi. Jadi kalian jangan sampai kelewatan menyaksikannya. Kalian bisa mengambil foto langit malam yang bersinar terang akibat adanya cahaya supermoon. Ini adalah foto-foto fenomena supermoon yang terlihat di Myanmar dan Indonesia.

Supermoon

Penampakan Supermoon di antara Pagoda Uppatasanti di Myanmar. Foto: National Geographic

Supermoon

Fenomena supermoon bulan Desember 2017 yang terlihat di Gunung Agung saat berstatus awas. Foto: REUTERS/Darren Whiteside

Kamera sudah siap, tapi masih bingung cari lokasi yang keren untuk ambil foto supermoon? Jangan khawatir, ada beberapa lokasi keren di Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk melihat indahnya supermoon. Lihat, yuk!

Pintu Langit Dahromo, Yogyakarta

Supermoon

Pemandangan langit malam yang bisa terlihat dari Pintu Langit Dahromo. Foto: Pintoelangit

Lokasi ini sedang hits di kalangan anak muda Jogja karena romantis dan instagramable. Terdapat spot khusus berupa pintu terbuka dengan latar hamparan langit. Di malam hari, pemandangan akan menjadi lebih indah karena lampu-lampu kota mulai menyala. Bahkan, jika cuaca sedang bersahabat akan banyak bintang bersinar terang. Pintu Langit Dahromo terletak di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Biaya masuk ke kawasan pintu langit hanya Rp5.000,00 saja.

Bukit Nobita, Padang

Supermoon

Hamparan pemandangan luas yang bisa dilihat di Bukit Nobita. Foto: Andre Mursalat

Bukit Nobita? Kenapa namanya seperti karakter komik Doraemon, ya? Bukit ini dinamakan Bukit Nobita oleh seorang mahasiswa. Menurutnya, pemandangan dari atas bukit ini mirip seperti di bukit belakang sekolah Nobita. Selain terkenal dengan nama Bukit Nobita, orang-orang juga menyebutnya Bukit Batu dan Bukit Tungku Tigo Sajarangan. Jika ingin datang ke sini, Bukit Nobita terletak di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. Tidak perlu membayar untuk ke Bukit Nobita, hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000,00 untuk uang parkir kendaraan saja.

Monumen Nasional (Monas), Jakarta

Supermoon

Fenomena Supermoon di langit Jakarta berdekatan dengan Monas. Foto: Infoastronomy

Buat Wegonesia yang tinggal di Jakarta, ternyata tidak perlu jauh-jauh untuk menyaksikan supermoon. Yup, Monas juga bisa menjadi lokasi yang sangat pas karena kamu bisa melihat bulan bersandingan dengan Tugu Monas dari area lapangannya. Atau, kamu juga bisa naik ke puncak Monas di malam hari karena sekarang dek observasi Monas buka sampai pukul 21.00. Untuk menuju Monas pun banyak sekali caranya, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik Transjakarta seharga Rp3.500,00 dan turun di halte Monas.

Belum bisa ke tempat-tempat di atas? Jangan sedih, karena ternyata kamu bisa melihat supermoon dari mana saja asal lokasinya memenuhi kriteria berikut.

Pantai yang Menghadap ke Timur

Supermoon

Melihat fenomena supermoon di Pantai yang menghadap ke arah timur

Lokasi ini bisa menjadi pilihan jika kalian ingin melihat supermoon tanpa terhalang bangunan-bangunan tinggi. Di pantai yang menghadap ke arah timur kamu bisa melihat saat-saat munculnya supermoon. Pasti keren untuk video timelapse

Perkotaan

Supermoon

Supermoon di antara gedung-gedung pencakar langit

Gedung-gedung pencakar langit  di perkotaan bisa menjadi objek pendukung saat menangkap gambar supermoon. Bulan dan gedung akan terlihat saling berdekatan sehingga ukuran bulan yang besar tampak semakin nyata.

Dekat Pegunungan

Supermoon

Pemandangan hamparan gunung saat supermoon

Sama seperti di pantai, melihat supermoon berlatarkan pegunungan di arah timur juga akan membuat pemandangan menjadi lebih luas. Sebaiknya cari pegunungan yang tidak terlalu tinggi dan memiliki barisan bukit di sekelilingnya agar bulan tetap fotogenik sepanjang malam.

Dekat Bangunan Ikonik

Supermoon

Supermoon yang terlihat di atas Lincoln Memorial, Washington Monument, dan Capitol Building di Washington DC. Foto diambil dari Arlington, Virginia.

Melihat supermoon di dekat bangunan, patung, atau gedung ikonik di daerah kalian juga tidak kalah keren. Kenapa? Selain bulan akan terlihat lebih besar, jika kamu memotret bulan dengan bangunan ikonik di kotamu, pasti akan terasa lebih lokal dan bikin kamu kebanjiran likes dari teman-temanmu.

Fenomena supermoon selalu menarik perhatian jutaan mata di seluruh dunia. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini, segera ambil kamera kalian, pilih lokasinya, dan lihatlah bulan raksasa di malam terakhir Januari 2018 mendatang.

Baca juga:

Naik ke Puncak Monas di Malam Hari

Astrophotography: Resep Instan Foto Bintang

Malam mingguan di Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Comments


Sumber : Wego.co.id