7 Bandara Paling Berbenah di Indonesia

Wegonesia pasti sudah akrab dengan Bandara Changi di Singapura yang nyaman dan futuristik. Beberapa di antara kita juga mungkin sudah merasakan sendiri kemegahan Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Lalu bagaimana dengan bandara di dalam negeri? Sebenarnya, Indonesia juga punya bandara-bandara bagus dan keren. Mungkin belum semegah Changi atau Hamad, tapi usaha Angkasa Pura untuk terus membenahi bandara-bandara Indonesia patut kita apresiasi. 

Yuk, coba intip beberapa bandara dalam negeri yang sudah nyaman dan keren ini!

Bandar Udara Kalimarau, Berau

Bandar udara Kalimarau yang ada di Berau, Kalimantan Timur ini terbilang baru kalau dibandingkan dengan bandara besar lain di Indonesia. Diresmikan tahun 2012, Bandara Kalimarau mendapatkan predikat bandara paling bersih dan paling tertib, lho, dari Kementerian Perhubungan. Bahkan, pada Juni 2017 lalu bandara tempat kamu turun jika mau jalan-jalan ke Derawan ini kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perhubungan sebagai bandara dengan layanan publik terbaik.

Bandar Udara Kalimarau kala malam (foto: @berauterkini).

Fasilitas di bandara lengkap layaknya bandara internasional lainnya di Indonesia. Ada lift untuk penyandang disabilitas, ruang tunggu luas dengan banyak sofa berwarna biru laut, tempat mengisi daya baterai ponsel, hingga koneksi wifi yang cukup ngebut. Ditambah lagi ada area khusus bermain untuk anak-anak di Terminal Keberangkatan B. Oh, iya, alunan musik instrumental suku Dayak juga berkumandang menemani para calon penumpang.

Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu

Nama bandar udara yang ada di Palu ini berasal dari nama salah satu pahlawan nasional, yaitu Al Habib Sayyied Idrus bin Salim Al-Jufrie. Sedangkan kata “Mutiara” diberikan oleh Presiden Soekarno saat meresmikan bandara ini di tahun 1957. Meski tidak terlalu luas, bandara yang dulunya bernama Bandara Masowu ini punya pemandangan menakjubkan!

Foto: wikimapia.org.

Karena berada di ketinggian 86 meter di atas permukaan laut, bandara ini punya lanskap bukit di kejauhan dengan latar langit biru membentang. Bayangkan menunggu pesawat di dalam ruangan ber-AC dan menghadap ke pemandangan barisan bukit. Pasti menyenangkan!

Landasan pacu Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu

Landasan pacu Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu. Foto: @adhitya_kasim

Di langit-langit bandara, terdapat peta provinsi Sulawesi Tengah, jadi wisatawan dapat lebih mengenal kabupaten-kabupaten lain yang juga memiliki potensi wisata. Bandara ini juga memiliki fasilitas stroller bayi dan kursi roda untuk lansia. Di ruang tunggunya pun terdapat area bermain untuk anak-anak dan maneken yang mengenakan busana tradisional Sulawesi Tengah. Dengan fasilitas dan pemandangan seperti ini, menunggu pesawat jadi tidak akan membosankan.

Bandara Mutiara SIS Al Jufrie Palu Sulawesi Tengah

Peta Provinsi Sulawesi Tengah di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu

Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar

Bandar Udara Sultan Hasanuddin di Makassar ini punya bangunan yang sangat unik, yaitu berbentuk kapal pinisi khas suku Bugis dan Makassar. Langit-langit bangunannya tinggi dan bermotif garis-garis layaknya motif kain Mandar dengan jendela raksasa yang menjulang tinggi.

Bandara Hasanuddin Makassar

Bandara Hasanuddin Makassar yang berbentuk kapal pinisi di malam hari.

Untuk urusan fasilitas, tentu saja sudah sekelas bandara internasional lainnya di Indonesia. Tahun ini, bandara yang namanya diambil dari pahlawan nasional Sulawesi Selatan ini menempati urutan ketiga bandara terbaik Indonesia tahun 2017 versi Majalah Bandara. Yang lebih membanggakan, Bandara Sultan Hasanuddin menyabet gelar “The Most Improved Airport in Asia Pacific” dari Airport Service Quality (ASQ) pada tahun 2016 kemarin. Keren!

Di dalam, Bandara Hasanuddin megah luar biasa! (Foto: @ap_airports).

Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali

Gerbang masuk Pulau Dewata ini memang punya reputasi yang amat baik sebagai bandara internasional di Indonesia. Jika Bandara Sultan Hasanuddin mendapat gelar “The Most Improved Airport in Asia Pacific 2016”, Airport Service Quality menetapkan Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai “The 3rd World Best Airport 2016”! Gelar ini diraih setelah melalui penilaian dari segi akses bandara, check-in, security screening, fasilitas belanja dan restoran, serta toilet. Ngomong-ngomong soal toilet, Bandara I Gusti Ngurah Rai belum lama ini meresmikan fasilitas family toilet. Jadi pejalan yang datang bersama anak-anak dapat lebih leluasa untuk ke kamar kecil.

Family Toilet di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Family Toilet di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Foto: @ngurahraiairport

Bagian dalam family toilet Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Bagian dalam family toilet Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Foto: @ngurahraiairport

Meskipun sarat dengan fasilitas dan arsitektur modern, jika diperhatikan dengan jeli, terdapat banyak aksen etnik Bali di tiap sudut bangunan. Yang paling menonjol adalah gerbang bandara yang berbentuk pura. Selain itu, buat pejalan yang ingin selalu terhubung internet, Bandara I Gusti Ngurah Rai kabarnya adalah bandara dengan wifi terbaik di Indonesia, lho.

Modernitas dan kebudayaan Bali berbaur di bandara tersibuk kedua di Indonesia ini (foto: kemlu.go.id).

Bandara I Gusti Ngurah Rai juga memiliki landasan untuk jet-jet pribadi mendarat. Kalau untuk para backpacker, bandara ini punya banyak spot tidur dan bermalam dengan nyaman. Bahkan, di lantai 3 terminal internasionalnya, ada area cukup luas berlantai kayu dengan loker dan tempat mengisi daya. Di sana biasanya banyak pejalan beristirahat dan menginap.

Bandar Udara Kualanamu, Medan

Kalau Bandara Soekarno-Hatta baru saja punya kereta cepat menuju dan dari bandara, Bandar Udara Kualanamu sudah lebih dulu punya. Bandara seluas 1.300 hektare ini adalah bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan stasiun. Bandara yang baru mulai beroperasi tahun 2013 ini merupakan bandara tersibuk kelima di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta, I Gusti Ngurah Rai, Juanda, dan Hasanuddin. Meski begitu, kamu tidak akan melihat antrean check-in panjang karena check-in counter di bandara ini sangat banyak.

Kereta bandara yang sudah lebih dulu dimiliki Kualanamu (foto: @ap2_kualanamu).

Bandara ini juga dikenal dengan fasilitasnya yang serba canggih. Mulai dari FIDS (Flights Information Display System) berupa layar besar untuk memantau jadwal terbang dan mendaratnya pesawat secara aktual hingga layanan e-kiosk atau layar interaktif untuk melacak semua tempat yang ada di bandara. Bandara Kualanamu juga sudah menerapkan Baggage Handling System, jadi setelah kamu menyerahkan bagasi ke counter check-in, bagasi kamu berpindah melalui conveyor belt menuju pesawat tanpa melibatkan tangan porter. Kalau sewaktu-waktu mendarat di Kualanamu, sempatkan juga untuk menengok replika Istana Maimun atau Istana Kerajaan Deli kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, ya.

Bandara serba canggih di tanah Medan (foto: medansatu.com).

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang

Siapa tak kenal dengan bandar udara yang namanya diambil dari dua Bapak Bangsa? Yup, Bandara Soekarno-Hatta atau yang biasa dipanggil Soetta merupakan bandar udara utama di Indonesia dengan frekuensi kesibukan nomor satu! Bandara ini baru saja meresmikan Terminal 3 Ultimate yang digadang-gadang sama kerennya dengan Bandara Incheon yang ada di Korea Selatan. Terminal dengan panjang 2,4 km dari ujung ke ujung tersebut punya arsitektur modern yang berpadu dengan sentuhan budaya berupa patung karya Nyoman Nuarta dan ukiran etnik di bagian konter check-in

Terminal 3 Ultimate yang Instagramable (foto: wiranurmansyah.com).

Selayaknya bandara internasional, Terminal 3 juga memiliki shower room dekat gate 11 dengan fasilitas air panas, shower, hand dryer, toilet duduk, cermin, wastafel, dan gantungan baju. Di ruang tunggu, selain kursi stainless steel bandara pada umumnya, terdapat sofa-sofa empuk dan kursi yang bisa dipakai berbaring. Kursi untuk berbaring ini kebanyakan menghadap landasan pacu. Jadi, bisa istirahat sambil lihat pemandangan pesawat.

mural terminal 3 bandara soekarno hatta

Jika kamu mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, kamu akan melihat mural seperti ini sepanjang jalan menuju tempat pengambilan bagasi. Foto: @irhampradipta

Restoran dan toko yang berada di Terminal 3 juga lebih bervariasi, nyaris selengkap mall di pusat kota. Dengan fasilitas sebaik ini, tidak heran kalau Majalah Bandara menetapkan Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 sebagai bandara terbaik di Indonesia untuk tahun 2017. 

Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan

Berdiri megah menantang panasnya Kota Balikpapan, Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan, terlihat begitu keren dengan arsitektur dan interior kelas wahid. Dari luar, bandara ini begitu gagah dengan kaca-kaca besar. Sedangkan dari dalam, suasana modern yang berbaur dengan adat Kalimantan Timur amat mengesankan mata. Pengawasan berlapis, fasilitas ciamik, dan interior yang cantik juga membuat eco-airport ini sulit untuk tidak dikagumi. Selain tidak menggunakan banyak lampu, konsep eco-airport yang diusung bandara ini juga berarti banyak tanaman hidup lengkap dengan burung yang mampir ke lobi airport.

Konsep eco-airport membuat bandara ini punya banyak tanaman hidup di dalamnya (foto: rri.co.id).

Yang paling menarik dari bandara kebanggaan Kota Balikpapan ini adalah toiletnya yang digambar secara 3 dimensi sehingga serasa sedang berada di pantai. Selain itu ada rumah adat Suku Dayak di bagian ruang tunggu pesawat.

Toilet di Bandara SAMS Sepinggan yang unik dan keren! (Foto: @samssepingganbalikpapanairport).

Transit di bandara yang juga dikenal sebagai Bandara SAMS Sepinggan atau Bandara Sepinggan ini juga sangat menyenangkan. Ada reading corner untuk membaca, ruang bermain untuk anak, dan yang kerennya lagi, ada Airport Cinema untuk nonton film dan merupakan bioskop bandara pertama di Indonesia! Keren!

Reading Corner di Bandara Sepinggan Balikpapan

Reading Corner di Bandara Sepinggan Balikpapan. Foto: @samssepingganbalikpapanairport

Bagaimana? Keren, ‘kan? Nggak hanya di luar negeri, negara kita juga punya bandara berkelas dan megah yang dapat dibanggakan, lho. Wegonesia punya bandara favorit? Beri tahu kamu di kolom komentar, ya!

Baca juga:

– Airport Hacks Supaya Tidak Repot di Bandara

– 8 Bandara Paling Eksis di Instagram

– 6 Destinasi Asyik Untuk Menutup Tahun 2017

Comments


Sumber : Wego.co.id