25 aktivitas di bawah $25 di Melbourne

Berlibur ke kota kosmopolitan sekelas Melbourne memang terkadang menakutkan dari segi budget. Baru mengira-ngira biaya penginapan, transportasi, tiket masuk tempat wisata, dan cafe hopping saja sudah bikin kita ngeri untuk berangkat ke sana. Tapi tahukah kamu kalau banyak hal di Melbourne dapat dinikmati dengan harga kurang dari $25? Meski uangmu ngepas, liburanmu akan bebas was-was.

[Cek harga tiket pesawat ke Melbourne]

1. Nonton ‘layar tancap’ di Royal Botanic Garden

Kamu bisa nonton film di bawah sinar bulan dan bintang-bintang di Moonlight Cinema, Central Lawn, Royal Botanic Garden. Sediakan uang $19 untuk dewasa dan $14.5 untuk anak-anak. Datanglah di bulan Desember mendatang saat Moonlight Cinema baru dimulai. Pilih tempat dan sesi, lalu pesan tiketmu di sini.

Nonton “layar tancap” a la Melbourne di Moonlight Cinema. (Foto: Moonlight Cinema).

2. Lihat Melbourne dari ketinggian

Lihat pemandangan Melbourne di siang hari atau malam hari saat kota bermandikan cahaya lampu dari Eureka Skydeck hanya dengan $20 untuk dewasa dan $11.50 untuk anak-anak (4-16 tahun). Lokasinya ada di Riverside Quay, Southbank, Melbourne yang dekat dengan taman Queen Victoria.

3. Nyicip kopi gratis di Proud Mary

Bagi penyuka kopi, datanglah tiap Sabtu pagi pukul 10.30 ke 200 Wellington Street, Collinwood. Di kafe Proud Mary, kamu bisa mencicipi kopi, belajar memanggang kopi, atau mencoba menu kopi baru. Semua kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan gratis!

Community Cupping, kegiatan nyicip kopi tiap Sabtu (foto: Proud Marry).

4. Makan dan bayar seikhlasnya di Lentil As Anything

Lentil As Anything, yang terletak di Abbotsford Convent, adalah restoran di mana kamu bisa makan apa saja dan bayar seikhlasnya. Ditambah lagi, kamu bisa satu meja dan berteman dengan para pejalan lain dari berbagai negara.

5. Baca buku di La Trobe Reading Room

Perpustakaan negara bagian Victoria ini punya jutaan koleksi buku dan tempat yang asik untuk membaca sekaligus menulis. Kamu juga bisa foto-foto atau sekadar mengagumi kemegahan La Trobe yang sudah berusia ratusan tahun di State Library of Victoria, tanpa biaya tambahan alias gratis!

6. Bersepeda di pinggir sungai

Australia, termasuk Melbourne, terkenal dengan aktivitas alamnya, salah satunya bersepeda. Dengan biaya sewa sekitar $3, kamu bisa menyewa sebuah sepeda untuk bekeliling mengikuti lekuk sungai Yarra. Jelajahi rute sepanjang 15 kilometer dari Hoddle Bridge sampai Dights Fall.

7. Mari berdansa sampai bahagia

Mari berdansa di Soul-A-Go-Go, 54 Victoria Street, Carlton VIC 3053. Pada malam Sabtu pertama setiap bulan, kamu bisa berdansa dari pukul 21.00 malam hingga 03.00 pagi! Kamu  hanya perlu membayar $15 untuk masuk ke sini.

8. Jelajahi Museum Heide

Mampir ke Heide Museum of Modern Art di 7 Templestowe Rd, Bullen. Kamu bisa lihat koleksi seni modern hingga ikutan pameran yang rajin diadakan di museum ini. Siapkan budget $14-$18 untuk masuk ke museum yang juga keren banget untuk jadi tempat foto ini!

9. Naik ferry, yuk!

Pergi dari Southgate ke Williamstone naik ferry, yuk! Cuma bayar $18 untuk dewasa, kamu bisa lihat pemandangan kota Melbourne sekaligus menyusuri jalur perairan bersejarah.

10. Naik 1.000 langkah ke puncak

Di Dandenong Ranger National Park, kamu bisa trekking naik 1.000 anak tangga menuju puncak One Tree Hill. Jalan-jalan di hutan tropis sekaligus bikin sehat gratisan, yuk!

11. Belanja Murah Meriah di Pasar

Di Melbourne, banyak pasar yang bisa kamu kunjungi secara gratis. Cobain pergi ke Queen Victoria Market atau Rose St. Artist’s Market tempat belanjanya muda-mudi Melbourne. Psst, yang dijual juga murah meriah, lho.

Bukan sekedar pasar biasa, di sini juga sering ada acara seru, lho! (Foto: @vicmarket).

12. Main game di Pixel Alley

Suka main Mortal Combat? Berarti kamu harus ke Pixel Alley. Kamu bisa ajak adik, kakak, teman, atau pacarmu main sampai puas sekaligus bersantai di kafenya. Pixel Alley terletak di 95 Smith St. Fitzroy dan buka setiap hari, PLUS! untuk main tiap permainan di sini kamu cukup membayar $1 – $4 saja!

[Rekomendasi hotel populer di Melbourne]

13. Piknik di Edinburgh Gardens

Nggak lengkap kalau ke Australia tapi nggak piknik. Cobain piknik di Edinburgh Gardens yang berlokasi di Alfred Cres, Fitzroy North, tidak jauh dari Pixel Alley. Pilih hari yang cerah, kemasi makanan dan minuman serta karpet piknikmu sendiri, ya.

14. Belajar bareng di Laneway Learning Class

Mulai dari kelas sejarah, bahasa, seni, hingga politik bisa kamu ikuti di Laneway Learning Class. Kelas ini terbuka untuk umum dan kamu cukup merogoh kantong sebesar $16 saja. Pilih lokasi dan daftar kelas berikutnya di sini, ya.

15. Keliling kota naik tram

Nikmati Melbourne a la turis dengan naik tram keliling kota, gratis! Cek jadwal dan waktu keberangkatan di sini lalu usahakan datang sebelum jadwal supaya dapat kursi pinggir jendela. Kalau sudah, kamu siap bertualang keliling kota Melbourne!

16. Foto-foto di Hosier Lane

Siapa yang tidak kenal dengan sudut kota Melbourne yang berwarna ini? Hosier Lane adalah tempat foto wajib untuk siapapun yang datang ke Melbourne, termasuk kamu.

Liburanmu di Melbourne belum lengkap kalau belum ke sini. (Foto: @suzie.qx).

17. Berburu buku

Mampir ke Reading Hawthorn di 701 Glenferrie Road, Hawthorn jika kamu pencinta buku atau pengin beli buku. Kadang ada banyak penawaran harga super murah untuk buku terbitan Penguin Classics mulai dari $9.95!  

18. Belajar gambar di Abbotsford

Buat yang suka menggambar atau baru mau belajar, coba ikutan kelas menggambar di Abbotsford Convent tiap hari Minggu. Cukup datang ke 1st Heliers St, Abbotsford dan bayar $20, kamu sudah bisa ikut belajar menggambar.

19. Nyicip donat murah dan enak

Dengan $20 kamu sudah bisa menyantap 4 cincin donat besar nan enak di Shortstop Coffee and Donuts. Lumayan untuk mengganjal perut sebelum jalan-jalan keliling Melbourne.

20. Kenyang di Very Good Falafel

Restoran yang menjual menu Timur Tengah ini punya falafel dan menu khas lainnya seharga $11 saja! Tambah kopi atau segelas es jeruk peras untuk menutup rasa kenyangmu.

21. Santap kuliner Jepang hanya $10

Di Horse Bazaar, kamu bisa makan makanan Jepang (dan western) seharga di bawah $20! Sepuluh potong ayam goreng hanya $10, begitu pula dengan Izakaya Syle Tapas-nya. Kafe ini juga punya acara musik hampir tiap minggu.

22. Nonton film indie di Loop Project Space & Bar

Datanglah ke 23 Meyers Place, Melbourne tempat pencinta musik, film, dan pameran indie ngumpul. Yang paling asik, Loop Project Space & Bar punya banyak kegiatan seru, salah satunya nonton film independen dan gratis!

Selain pameran dan nonton film, di sini juga sering ada acara musik juga, lho. (Foto: Loop Project Space & Bar).

23. Main bareng anjing di kafe

Main ke Doghouse Cafe di Collingwood, yuk? Kamu bisa main bareng anjing di kafe ini, lho! Makanannya pun murah meriah–rata-rata di bawah $15, dan sekalian kamu bisa mengelus-elus anjing-anjing lucu di sini.

24. Karaoke seru di Kbox Karaoke

Cukup keluar uang $21 per orang, kamu bisa nyanyi sampai suaramu habis! Oh, iya, kamu dan teman-teman juga akan dapat minuman gratis jika karaokean di sini.

25. Menari sampai pagi di Finishing School

Kalau di Soul-A-Go-Go kamu menari diiringi musik funk, di Finishing School, kamu menari dengan alunan musik The Who, The Smith, dan musik indie lainnya. Datanglah di malam Sabtu ke Bella Union di Trades Hall, 54 Victoria Street dan cukup bayar $10 saja!

Benar, kan? Siapa bilang berlibur ke Melbourne harus selalu menguras dompet? Ayo, catat aktivitas murah meriah di bawah $25 yang bisa kamu lakukan di Melbourne lalu mulai persiapkan liburanmu ke Melbourne. Cek harga tiket pesawat dan lihat rekomendasi hotel populer Melbourne di Wego.

Comments


Sumber : Wego.co.id