GIIAS Jadi Ajang World Premiere Kendaraan Terbaru

GABUNGAN Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kembali menghadirkan world class auto show series GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang telah resmi dibuka pada Kamis, 10 Agustus 2017 oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Mengusung tema 'Rise of the Future Mobility', GIIAS 2017 diselenggarakan selama 10 hari dan terbuka untuk umum mulai tanggal 10 Agustus hingga 20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten.
 
Ketua Umum GAIKINDO Yohanes Nangoi menerangkan bahwa tahun ini GIIAS 2017 didukung penuh oleh 32 merek mobil anggota GAIKINDO, termasuk di dalamnya 24 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Dodge, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW, dan Wuling, serta 8 merek kendaraan niaga yaitu DFSK, FAW, Hino, Hyundai Bus and Truck, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Truck.
 
Ia menjelaskan, penyelenggaraan GIIAS 2017 menjadi sebuah bentuk kontribusi GAIKINDO yang terus fokus untuk membangun dan membesarkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan. Sekaligus menjadi tempat berbagi product knowledge dari produk dan teknologi terbaru yang dipamerkan selama masa pameran.
 
"Tujuan utama digelarnya pameran GIIAS 2017 adalah untuk menghadirkan produk dan teknologi baru yang telah diterapkan di industri otomotif dunia sehingga dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan industri otomotif Indonesia masa kini," ujar Nangoi.

Tahun ini sejumlah APM mempercayakan Indonesia sebagai negara untuk peluncuran perdana kendaraan terbaru mereka melalui gelaran GIIAS 2017.

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa GIIAS 2017 merupakan pameran otomotif yang menjadi pilihan para APM untuk  meluncurkan kendaraan perdana di dunia dari kategori commercial, passengers dan concept cars," imbuhnya.
 
Nangoi menjelaskan bahwa hadirnya world premiere dan kegiatan peluncuran kendaraan baru lainnya membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki industri otomotif dengan potensial yang besar untuk berkembang.

"Sebanyak lebih dari 40 kendaraan baru dan kendaraan-kendaraan konsep dapat disaksikan untuk pertama kalinya di dunia dan di Indonesia. Kami berharap hadirnya kendaraan world premiere  di ajang GIIAS 2017 tak hanya membawa nama Indonesia sebagai salah satu negara yang patut dilirik oleh negara-negara APM regional tetapi juga mensejajarkan pameran ini dengan sejumlah pameran otomotif dunia lainnya seperti Frankfurt Auto Show, Tokyo Motor Show, Detroit Auto Show, Geneva Motor Show. dan beberapa pameran internasional lainnya," lanjut dia.
 
Pada kesempatan kali ini, tiga APM memilih Indonesia dan pameran GIIAS 2017 sebagai lokasi world premiere kendaraan baru dan kendaraan-kendaraan konsep.

UD Trucks menjadi peserta sekaligus produsen kendaraan komersial pertama yang menghadirkan world premiere untuk produk terbaru di segmen light duty, Truk Kuzer.

UD Truck memaparkan bahwa pihaknya memilih untuk meluncurkan produk truk ringan di Indonesia karena pasar kendaraan komersial di Indonesia dinilai memiliki potensi yang besar. Disamping itu kebutuhan akan truk ringan yang semakin meningkat di Indonesia turut menjadi alasan dipilihnya Indonesia dan GIIAS 2017 sebagai tempat peluncuran Truk Kuzer.


 
Sementara dari segmen passengers cars, Mitsubishi meluncurkan small MPV andalannya yaitu Mitsubishi XPANDER untuk pertama kalinya di dunia dan di Indonesia.

Selain itu, gelaran GIIAS 2017 turut dimeriahkan oleh hadirnya kendaraan konsep sedan dari Daihatsu yaitu DN F-Sedan dan DN Mulitisix yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia.

Sebagai produsen kendaraan asal Jepang, Daihatsu turut memaksimalkan partsipasinya pada ajang GIIAS 2017 dengan memamerkan dua kendaraan konsep untuk pertama kalinya di dunia, yaitu DN F- Sedan dan DN Multisix.


 
"Selanjutnya kami berharap bahwa peserta pameran yang juga merukapan anggota GAIKINDO terus ikut berperan secara aktif dalam mengembangkan industri otomotif Indonesia, salah satunya adalah dengan menghadirkan semakin banyak world premiere di Indonesia. Upaya ini tentunya akan turut memajukan industri otomotif Indonesia yang memiliki peran strategis dan memberikan dampak ganda dalam menyumbang perekonomian nasional," tutup Nangoi.
 

Sumber : inilah.com teknologi