Lakukan Ini Agar Serat pada Jus Tetap Terjaga

DokterSehat.Com– Banyak dari kita yang memilih untuk mengonsumsi jus sebagi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Buah banyak dipilih untuk memenuhi vitamin dan mineral untuk tubuh kita. Selain kaya vitamin dan mineral, kandungan serat alami pada buah juga menjadi salah satu manfaat lain yang dapat kita rasakan apabila kita mengonsumsi buah. Serat merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh. Manfaat serat yang mampu melancarkan pencernaan serta menjaga gula darah merupakan manfaat utama bagi tubuh kita. Akan tetapi umumnya serat pada bahan makanan baik buah atau sayur cenderung mudah hilang selama mengalami proses pengolahan.

doktersehat-sayur-sehat-jus

Dalam membuat jus, sayur atau buah umumnya diolah langsung menggunakan juicer atau blender hingga konsistensi jus menjadi cair dan kita akan mudah dalam meminumnya. Namun ternyata beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini dapat menyebabkan kandungan serat pada buah malah jadi berkurang.

Nunung N. seorang pakar di bidang pertanian dalam bukunya “Ancaman di Balik Segarnya Buah dan Sayur” menyebutkan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kandungan serat pada buah, dua diantaranya adalah:

1. Tidak menggunakan juicer
Penggunaan blender lebih disarankan dalam pembuatan jus buah, karena membuat jus dengan blender lebih mampu mempertahankan kandungan serat tetap tinggi pada buah.

2. Tidak mengupas kulit buah
Pada beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi tanpa perlu mengupas kulitnya lebih dahulu misalnya apel, pir, tomat, sebaiknya kulit buah tidak perlu kita kupas, selain terdapat beberapa jenis vitamin di sekitar kulit buah, hal ini mampu meningkatkan kandungan serat pada jus buah.

3. Tidak memotong terlalu banyak bagian buah
Sebaiknya tidak membuang terlalu banyak bagian yang sering dipotong saat akan membuat jus buah, misalnya bagian sekitar tangkai buah. Semakin banyak bagian buah yang terbuang akan membuat kandungan serat juga makin sedikit.

Dengan melakukan ketiga hal diatas kandungan serat pada jus buah kita akan lebih terjaga. Jadi kita tidak hanya merasakan manfaat kandungan vitamin dan mineral saja, tetapi seratnya juga masih teraga.

Sumber : http://doktersehat.com/lakukan-ini-agar-serat-pada-jus-tetap-terjaga/