Ini Alasan Mengapa Kita Bisa Mengatasi Stress dan Tanpa Sadar Mengetukkan Jari Saat Mendengarkan Musik

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress. Namun, bagi sebagian orang, mengatasi stress bisa dilakukan dengan mudah, yakni hanya dengan mendengarkan musik yang disukai. Sebenarnya, bagaimana cara musik bisa menghilangkan stress?

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Pakar kesehatan menyebut stress sebagai kondisi dimana tubuh sudah tidak bisa lagi mengatasi berbagai tekanan baik itu dari dalam diri sendiri atau luar. Hal ini akan berimbas pada produksi hormon layaknya adrenalin, kortisol, dan noripinefrin dengan berlebihan. Kondisi ini akan memicu peningkatan denyut jantung dan pernafasan, otot yang semakin tegang, meningkatkan tekanan darah, memicu cemas, susah tidur, dan sulit untuk berpikir jernih.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Missouri, Amerika Serikat, disebutkan bahwa mendengarkan musik ternyata memang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology ini, disebutkan bahwa kebiasaan mendengarkan musik dalam waktu 2 minggu mampu menurunkan kadar stress dengan signifikan.

Musik yang merupakan gelombang suara akan masuk melalui gendang telinga dan kemudian diteruskan pada telinga dalam. Gelombang suara ini kemudian ditangkap oleh sel rambut pada koklea dan kemudian dijadikan sinyal listrik yang kemudian dialirkan ke otak. Sinyal inilah yang akan masuk ke dalam otak temporal yang memproses input indera, memahami bahasa, sekaligus mengendalikan emosi. Selain itu, sinyal listrik musik juga akan mencapai bagian hipotalamus otak, tempat dimana berbagai produksi hormon yang mengendalikan tekanan darah, detak jantung, hingga suhu tubuh berada. Bagian otak inipun akan meningkatkan kadar hormon dopamine yang merupakan hormon bahagia dan menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stress.

Hormon dopamine ternyata juga akan membuat kita lebih baik dalam memahami bahasa dan makna dari musik yang kita dengar. Karena alasan inilah terkadang sebuah lagu bisa memiliki arti atau bahkan membuat kita menjadi lebih bersemangat atau bahagia.

Baca Juga:  Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Memancing

Sinyal listrik musik ini juga akan mencapai bagian serebelum otak yang mengkoordinasikan gerakan tubuh. Hal ini membuat kita tanpa sadar mengetukkan jari, menggoyangkan kepala, menghentakkan kaki, dan lain sebagainya. Sinyal ini juga akan mencapai bagian amigdala otak yang mampu mengendalikan emosi sehingga akan membuat kita teringat akan rasa bahagia saat mendengarkan sebuah lagu. Di masa depan, kita pun akan kembali merasakan sensasi yang sama saat mendengarkan lagu tersebut sehingga membuatnya menjadi lagu favorit.

Jadi, sudah tahu kan alasan mengapa musik bisa membuat kita mengatasi stress dan memperbaiki suasana hati?

Sumber : http://doktersehat.com/ini-alasan-mengapa-kita-bisa-mengatasi-stress-dan-tanpa-sadar-mengetukkan-jari-saat-mendengarkan-musik/