5 Jenis Olahraga Ini Pas untuk Lenyapkan Stres, Pikiran Pun Kembali Jernih!

Vemale.com – Udah nggak semangat, gampang capek, banyak pikiran, dan susah tidur? Mungkin kamu lagi stres berat, ladies. Ada banyak cara untuk mengatasi stres. Salah satunya adalah dengan olahraga.

Yups, olahraga menjadi salah satu cara efektif untuk meredakan stres. Dilansir dari elitedaily.com, menurut American Psychological Association, olahraga memiliki cara untuk secara biologis menjernihkan otak dan meningkatkan konsentrasi serta energi. Ada lima jenis olahraga yang dinilai paling efektif untuk meredakan stres. Apa sajakah? Yuk, simak infonya di sini.

Olahraga Yoga
Olahraga yoga merupakan jenis olahraga yang bisa bantu meredakan stres karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, pikiran secara perlahan akan dipandu untuk lebih tenang.

Yoga bisa meredakan stres./Copyright Unpopulart

High-Intensity Interval Training
Apa itu High-Intensity Interval Training? Ini adalah jenis latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Misalnya, lari sprint 20-30 detik setelah itu langsung disambung dengan jalan kaki selama 60-90 detik. Latihan ini bisa juga disesuaikan dengan kondisi kebugaran tubuh masing-masing orang.

Kickboxing
Stres karena kesal dengan seseorang atau ada masalah yang nggak kelar-kelar? Coba lampiaskan emosimu dengan olahraga kickboxing. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Japan Journal of Physical Education, Health, and Sport Sciences, para peserta yang mengikuti kelas kickboxing bisa menurunkan rasa cemas, depresi, dan amarahnya secara signifikan setelah selesai olahraga.

Lari
Olahraga yang murah meriah ini juga sangat efektif untuk meredakan stres dan menjernihkan pikiran. Hormon endorfin yang dihasilkan tubuh setelah olahraga lari akan memberikan perasaan nyaman dan tenang. Aliran darah yang lancar pun membuat tubuh teras lebih bugar.

Olahraga lari juga bisa bantu jernihkan pikiran./Copyright shutterstock.com

Angkat Beban
Olahraga angkat beban bisa membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak endorfin daripada olahraga kardio. Coba luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan olahraga angkat beban. Nantinya kamu akan merasa lebih tenang dan pikiran jadi kembali jernih.

Jadi, mau olahraga apa nih sekarang? Semoga stres dan semua kebuntuan pikiran bisa segera teratasi dengan melakukan olahraga yang tepat, ya ladies.

(vem/nda)

BACA JUGA YANG INI


Sumber : Vemale.com